Sebelum mengetahui apa itu Manajemen Layanan Sistem
Informasi, maka kita harus mengetahui arti dari Sistem Informasi Manajemen itu
sendiri. Sistem Informasi Manajemen atau lebih dikenal dengan SIM ( Management
Information System ) adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh
dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data
sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan
produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria
mutu yang telah ditetapkan.
Sistem
informasi manajemen merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan
informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Sistem informasi
manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk
menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional
organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada
kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan
terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan,
sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Sistem
informasi manajemen bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer
dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan. Sistem informasi
manajemenmenyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output
dari berbagai simulasi model matematika. Oleh karena itu Manajemen Layanan
Sistem Informasi adalah “sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal
suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan
prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya
produk, layanan, atau suatu strategibisnis”.
Sedangkan
secara perkata arti dari Manajemen Layanan Sistem Informasi dapat diartikan
sebagai berikut :
·
Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka
mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya
organisasi lainnya. Proses manajemen terbagi menjadi 4 yaitu : Perencanaan,
Perorganisasian, Pengarahan, Pengendalian.
·
Layanan adalah aktivitas atau hasil yang dapat
ditawarkan oleh sebuah lembaga kepada pihak lain yang biasanya tidak kasat
mata, dan hasilnya tidak dapat dimiliki oleh pihak lain tersebut. Hadipranata
(1980) berpendapat bahwa layanan adalah aktivitas tambahan di luar tugas pokok
(job description) yang diberikan kepada konsumen-pelanggan, nasabah, dan
sebagainya, serta dirasakan baik sebagai penghargaan maupun penghormatan.
·
Sistem Informasi adalah suatu sistem yang
menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan/kebijakan dan
menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi dan
prosedur-prosedur yang terorganisasi. Sistem informasi diartikan sebagai
kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan
teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Sedangkan dalam arti luas,
sistem informasi diartikan sebagia sistem informasi yang sering digunakan
menurut kepada interaksi antara orang, proses, algoritmik, data dan teknologi.
Jadi Manajemen Layanan Sistem
Informasi adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu
bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh
akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan,
atau suatu strategi bisnis.
Link tugas ITIL & COBIT :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar