Apa sih I.T.I.L itu? I.T.I.L yang dimaksud disini adalah Information
Technology Infrastructure Library yang merupakan sebuah kerangka kerja atau
konsep yang menggambarkan praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi
informasi (TI) dan berfokus pada pengembangan
dan pengukuran yang terus menerus terhadap kualitas dari layanan IT yang
diberikan baik terhadap bisnis atau pelanggan. Fokus dari I.T.I.L sendiri ialah
memberikan kontribusi dan keuntungan dalam menjalankan teknik-teknik dan
proses-proses pada organisasi.
Tujuan Information Technology Infrastructure Library (I.T.I.L)
adalah untuk menyediakan petunjuk untuk praktek terbaik dalam manajemen layanan
teknologi informasi. Ini mencakup pilihan yang dapat diapdopsi dan diadaptasi
oleh organisasi berdasarkan kebutuhan bisnisnya, keadaan, dan kedewasaan dari
penyedia layanan.
Perkembangan I.T.I.L juga udah mengalami banyak perubahan
seiring berjalan nya waktu. Pada awal perkembanganya, I.T.I.L terdiri dari
kurang 40 publikasi yg terbagi kedalam modul-modul terpisah, setelah itu untuk
simplikasi serta kemudahan implementasi
I.T.I.L dibagi dalam 7 domain yg saling berhubungan dan dapat
berdiri sendiri. Perkembang fase ini disebut juga dengan I.T.I.L versi 2,
domain service support dan service delivery dijadikan sebagai CORE atau otak dalam tata kelola teknologi
informasi atau IT Service Management.
Keuntungan yang diperoleh dari I.T.I.L adalah bisnis yang
lebih kompetitif diantaranya dengan meningkatnya kepuasan dan pelayanan
nasabah, meningkatnya availability dan reliability dari pelayanan IT,
meningkatnya roles dan responsibilities dari organisasi IT, menghubungkan IT
dengan bisnis dan bisnis dengan IT.
sumber : http://satryaadipratama.blogspot.co.id/2010/08/technology-infrastructure-library-itil.html
sumber : http://satryaadipratama.blogspot.co.id/2010/08/technology-infrastructure-library-itil.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar